Laptop Si Unyil , Tayangan Bermanfaat dibanding Tontonan Remaja

3 Maret 2009 pukul 7:27 am | Ditulis dalam Kritik & Saran | Tinggalkan komentar

laptop_si_unyilLaptop si Unyil, sebuah tontonan yang sangat informatif dan disajikan dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh semua kalangan masyarakat. Yang menarik adalah cara penyampaian ilmu dan pengetahuannya dikemas dalam sebuah acara anak – anak tanpa meninggalkan tujuannya sebagai tontonan anak – anak yang informatif. Bagi saya ini adalah tontonan yang sangat inovatif dan tak pernah saya lewatkan, Berkembangnya dunia teknologi dan informasi menjadi sebuah hal yang menarik untuk dibahas.

Coba anda bayangkan berapa banyak tayangan televisi yang memberikan informasi dan pengetahuan, namun kebanyakan dari acara itu ditayangkan dalam bentuk sacara yang membosankan dengan bahasa formalnya. Sehingga hanya sebagian orang saja yang menyimak dan mendapat informasi dari acara tersebut. Inilah yang menyabakkan banyak di antara kita kurang mendapatkan informasi mengenai teknologi terbaru.

Di lain sisi, Tontonan remaja yang juga mulai banyak berkembang serta reality Show Remaja yang menjadi sangat populer sekarang mengakibatkan pikiran anak – anak akan teracuni oleh tontonan yang seharusnya belum mereka enyam pada usianya itu. Hal tersebut menyebabkan pola pikir anak – anak terkontaminasi dan merubah pemahamannya yang seharusnya di umurnya itu meraka sangat produktif dalam mencari tahu dan memiliki rasa ingin tahu akan Informasi – Informasi atau ilmu yang bermanfaat. Dengan disuguhkannya tayangan yang seperti totntonan yang tidak bermanfaat itu, sama saja dengan melakukan pembodohan pada mereka, kalau begitu bagaimana nasib bangsa ini, yang seharusnya ada di pundak mereka.

Yang saya takutkan adalah bagaimana nasib para anak yang selalu di jejali tontonan yang seperti itu, Indonesia akan selalu menjadi negara konsumen karena anak – anak kita sudah disuguhi dengan tontonan remaja, percintaan bahkan lagu – lagu remaja sehinggga menyebabkan pembodohan dan menghilangkan rasa haus akan informasi pada anak – anak. Sebenarnya semuanya itu kembali kepada diri kita masing – masing, banyak faktor yang bisa dijadikan bahan rujukan,.

  • Pertama, Pihak pertelevisian yang mengejar rating dan uang tanpa memikirkan dampak yang diakibatkannya. Sebenarnya banyak kritik yang disinggung

misalnya seperti yang pernah saya baca, film kartun yang ber-rating remaja ditayangkan pada hari minggu pagi, padahal di Jepang Film Kartun seperti itu ditayangkan di jam – jam tertentu seperti pada malam hari. Oleh karena itu, pengaturan tayangan di pertelevisian kita perlu di tata lagi.

  • Kedua, Pengarahan Orang tua yang Kurang. Orang tua adalah ornag yang paling dekat dengan anak tersebut jadi peran orang tua adalah yang paling dominan di antara yang lainnya. Maka cobalah untuk selalu melaukan pembatasan tontonan pada anak – anak dan pastikan dengan cara yang tepat.
  • Ketiga, Pengaruh Lingkungan. Dari beberapa orang yang saya liat, anak SMP jaman sekarang sudah berbicara masalah layaknya Remaja, memang pada masa ini si anak akan menuju Remaja tapi masa ini adalah masa yang sangat produktif untuk menimba ilmu, ilmu tersebut yang nantinya akan berguna bagi dirinya dimasa depan. Apa jadinya kalo hal yang di lakukan diluar itu, tentu saja akan berpengaruh pada jenjang – jenjang yang selanutnya.

Mungkin masih banyak lagi faktor2 yang lain, tapi yang terpenting adalah Ayo segera bertindak,…Sebelum semuanya terlambat.

Oleh karena itu, mari dari sekarang kita tuntun para anak – anak untuk menonton sajian televisi yang informatif dan menggugah rasa ingin tahu mereka akan teknologi, salah satunya seperti Laptop Si Unyil ini. Demi kemajuan bangsa dan mencerdaskan bangsa, semoga akan lebih banyak lagi tontonan yang kaya akan ilmu pengetahuan dengan lebih variatif lagi dan tentu saja tidak meniggalkan feel-nya sebagai tayangan anak – anak.

Mungkin bagi kita ini adalah hal yang sepele dan tidak perlu dipermasalahkan karena toh anak – anak itu akan dewasa juga, tapi ingat perubahan besar terjadi karena dimulainya sebuah perubahan yang kecil – kecil terlebih dahulu, kalau tidak dimulai dari yang seperti itu bagaimana bangsa ini bisa maju, selain itu dengan ilmu pengetahuan yang ia dapatakan akan membuatnya lebih siap dlam menghadapi kemajuan teknologi sekarang.

Dan ketahuilah bahwa tayangan televisi merupakan media belajar yang sangat efektif , bahkan lebih cepat diserap dari pada media belajar melaui sekolah.

..

.

.

By : FeRoNIX478

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: