Apakah Mungkin Bulan menghasilkan Listrik ?

21 Februari 2009 pukul 11:04 am | Ditulis dalam Environmental Science | Tinggalkan komentar

Jika kamu potongan semua peperangan, konflik, emisi karbondioksida yang dihasilkan dan perbudakan konsumen, minyak telah menjadi sesuatu yang baik bagi manusia .Hal tersebut menjadikan perkembangan dunia yang pesat. Tetapi minyak terbatas– Minyak adalah suatu sumber daya yang tidak dapat diperbahrui, yang berarti bahwa kita akan secepatnya kehabisan minyak. Perasaan manusia sedang berlomba melawan waktu dari sumber bahan bakar dan membuat energi alternatif. Gagasan seperti switchgrass ethanol, biodiesel, angin dan kekuatan matahari mungkin akan segera benar-benar menggerakkan bola bumi itu. Tetapi masing-masing hal tersebut masih mempunyai rintangan sendiri untuk menjadikannya produksi energi besar-besaran. Maka peneliti melanjutkan untuk melihat sekeliling planet.telescope-full-moon

Apakah bulan fapat menjadi solusi krisis energy di masa depan ?

moon-generate-electricity-1Beberapa orang percaya kita telah mencapai puncak dari sumber bahan bakar — titik di mana persediaan kita, disajikan oleh pengeboran minyak seperti ini di Azerbaijan.

Beberapa peneliti sedang melihat di luar planet kita ke langit malam. Ada suatu cara sehingga kita dapat menghasilkan listrik dari bulan—bersyukuralah kepada air pasang yang diciptakan oleh gravitasiBulan. Bumi diapit oleh matahari dan bulan. Matahari membuat bulan tampak kecil jika dilihat dari bumi, tetapi sebenarnya bulan jauh lebih dekat ke bumi –yaitu sekitar 239.000 miles,dibandingkan denagn jarak 93 juta miles antara bumi dan matahari. Bulan memiliki gaya gravitasi 2 kali lebih besar dari pada matahari untuk manghasilkan pasang surut di bumi.

Produksi Listrik turbin bawah laut

Garvitasi Bulan pada badan air menciptakan pasang. Pada Gilirannya, pergerakan ini akan menciptakan energi kinetik yang dibawa oleh air itu. Semua yang pindah / bergerak mempunyai energi kinetik– apakah itu angin ataupun suatu bola yang menggelinding. Energi kinetik dapat ditangkap oleh manusia melalui kincir angin. Peneliti sedang berusaha untuk menyadap ke dalam kekuatan dari pasang-surut air dengan menggunakan suatu model yang serupa dengan kincir angin.

Turbin bagian yang sangat utama untuk kincir angin yang diinstall ke suatu lantai samudra atau alas sungai. Arus bawah laut diiproduksi oleh perputaran pasang-surut yang diatur seperti suatu baling-baling pesawat udara. Hasil panen listrik ini yang dibawa oleh kabel ke pantai.Dan dihubungkan ke pusat, sehingga listrik dapat dibagi-bagikan.

moon-generate-electricity-2Bayangkan turbin seperti itu berada di dasar laut

Keuntungan menggunakan Turbin bawah laut dibanding Kincir angin adalah lahan yang digunakan, permasalahan pada kincir angin adalah penggunaan lahan di masa depan. Selain itu kepadatan air yang tinggi daibandingkan dengan udara sehingga untuk kecepatan yang sama maka produksi listrik bawah air akan lebih banyak.

Ilmuwan tengah menguji jumlah energi ditemukan di suatu kolam pasang surut. Ada dua pengukuran yang utama, yaitu pada saat pasang-surut mencapai kecepatan tertinggi pada suatu bulan dan pasang-surut dengan kecepatan yang rendah pada suatu bulan. Dua pengukuran ini dapat bantuan mendekati kecepatan terbesar dan terkecil. Namun kecepatan dari air tidak hanya ditentukan oleh pasang-surut tetapi juga keadaan alam disekitarnya.

Penyelaman Tanpa pengetesan air ?

Peneliti aquatic mempunyai penanganan yang baik untuk pergerakan air di area pasang-surut, tetapi beberapa faktor yang tidak diketahui menjadi masalahnya. Para peneliti takut jika manusia tertarik pada teknologi turbin bawah laut, tanpa mengetahui dampak yang bisa ditimbulkannya.
Beberapa data mengenai dampak turbin bawah laut dapat terjadi pada ekosistem perairan. Mungkin pergerakan dari turbin tidak begitu berpengaruh pada ikan di lautan karena pergerakannya masih lambat, tapi bagai mana dengan turbin generasi selanjutnya yang dapat berputar dengan cepat ?

moon-generate-electricity-3

Muncul pertanyaan seperti, Teknologi tersebut akan berakibat apa pada lingkungan air ?

Produksi listrik  pertama di temukan di bawah  Kvalsund Channel  di Norwegia. Pada bulan September 2003, generator turbin dihubungkan ke  elektrik grid di Hammerfest, suatu desa lokal. Turbin tunggal menghasilkan 700,000 kilowat hour tiap tahun—dan menyediakan kekuatan untuk rata-rata 35 rumah dalam suatu area.

Kelompok yang lain  sedang mengevaluasi dampak turbin padakehidupan laut.  Vedant Power menyebar lima 35-kilowatt turbin dengan peralatan untuk memonitor kehidupan aquatic disekitarnya . Ikan dideteksi dan dijejaki di 54 kaki ( 18 meter) dari peralatan dan data direkam. Sejauh Ini, tidak ada ikan telah diserang dengan turbin.

Inggris juga sedang mempelajari potensi untuk produksi listrik turbin di dalam air. Perusahaan Marine Arus Turbin U.K. telah menanam sepasang turbin, bekerja di lantai Laut Utara pantai Irlandia. Turbin menghasilkan 1.2 megawatt listrik.

.

.

translate from : HowStuffWorks.com
Clark, Josh. “How can the moon generate electricity?.”

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: